Friday, August 26, 2016

Jejak Laksamana Cheng Ho di Petilasan SAM PO KONG Semarang



Klenteng SAM POO KONG di Semarang, ada yang sudah pernah? ceritanya habis rehat singkat (tidur 3 jam, mandi, sarapan) sebentar dirumah kerabat, nah kebetulan dekat sama Klenteng ini, ya sudah langsung saja capcus parkir dimari. Alasannya cukup sederhana yaitu OmPit belum pernah sama sekali ke SAM POO KONG walaupun sudah berkali-kali ke Semarang. zzzz...


Penampakan Depan Klenteng Sam Poo Kong Semarang
Menurut mbak Wiki.. Kelenteng Gedung Batu Sam Po Kong adalah sebuah petilasan, yaitu bekas tempat persinggahan dan pendaratan pertama seorang Laksamana Tiongkok beragama islam yang bernama Zheng He / Cheng Ho. Terletak di daerah Simongan, sebelah barat daya KotaSemarang. Tanda yang menunjukan sebagai bekas petilasan yang berciri keislamanan dengan ditemukannya tulisan berbunyi "marilah kita mengheningkan cipta dengan mendengarkan bacaan Al Qur'an".
Disebut Gedung Batu karena bentuknya merupakan sebuah Gua Batu besar yang terletak pada sebuah bukit batu, orang Indonesia keturunan cina menganggap bangunan itu adalah sebuah kelenteng - mengingat bentuknya memiliki arsitektur bangunan cina sehingga mirip sebuah kelenteng. Sekarang tempat tersebut dijadikan tempat peringatan dan tempat pemujaan atau bersembahyang serta tempat untuk berziarah. Untuk keperluan tersebut, di dalam gua batu itu diletakan sebuah altar, serta patung-patung Sam Po Tay Djien. Padahal laksamana cheng ho adalah seorang muslim, tetapi oleh mereka di anggap dewa. Hal ini dapat dimaklumi mengingat agama Kong Hu Cu atau Tau menganggap orang yang sudah meninggal dapat memberikan pertolongan kepada mereka.

Patung Laksamana Cheng Ho di Klenteng Sam Poo Kong Semarang
Tiket masuk perorang cuma Rp.5000,- sedangkan untuk parkir menggunakan karcis per jam. Karena kita datang masih terlalu pagi, jam 8.00 WIB, maka masih sepi pengunjung, bisa lebih bebas mau jepret-jepret selfie hihi

Untuk Fasilitasnya didalam areal klenteng ini sudah ada Mushola dan MCK, juga ada tempat Oleh-oleh atau souvenir yang bisa dibeli di sebelah kanan dari pintu masuk.

Klenteng Sam Poo Kong Semarang
Pas OmPit datang kesini, terpantau ada yang sedang ibadah di gedung pada gambar diatas :)

Selfie dulu di Klenteng Sam Poo Kong Semarang

Tempat Ngaso di Klenteng Sam Poo Kong Semarang
Selesai menikmati SAM POO KONG di Semarang ini, omPit langsung mengejar schedule keberangkatan menuju Denpasar, eitsss sebelumnya mampir dulu ding ketempat Budhe di banyumanik. Sempet Kopdaran juga sama member angkringan serba ada / motuba.

Next Artikel sampe Baliii......!!

No comments:

Post a Comment