Saturday, November 22, 2014

Sekelumit Kisah BPJS KESEHATAN (Part.2)




Barusan terima protest dari readerblog haha.. maap ya mbak puy, mari kita lanjutkan
ini nyambung cerita #1 kemarin ...

Jadi kemarin kan sudah dibahas mengenai bini gue yang baru pertama kali menggunakan BPJS-Kes, Alhamdulillaah yang handle Dr. Bonaventura, orangnya sabar banget, kalau interaksi dia banyak dengerin pasiennya dulu dengan "hmm.. hmm.. " baru lanjut nasihatnya dia, nyaman.

Nah ini, selama 2 bulan terakhir (menjelang Persalainan) kan bini gw selalu checkup ke RSU Siloam, dan pada checkup ke 2 sudah mulai daftar kamar, karena menurut info dokter/susternya kamar selalu susah kecuali kalau mau ...


Kalau mau pakai kelas 3, yang mana kalau di RSU Siloam gak ada kelas 3, yang ada "BANGSAL" huhahaha... jadi 1 ruangan bisa berapa puluh pasien persalinan gitu, wekekekeke.. bini gw gak mau soalnya kita daftar BPJS Kelas 1.

Nah tibalah masa-masa HPL-7, Sebelumnya (1 bulan yang lalu) ane udah ngasih surat rekomendasi dari dokter untuk menjalankan Operasi Caesar ke RS Siloam International (Swasta) nya, karena kelas 1 cuma ada di Siloam International (bukan RSU Siloam), prosesnya tinggal kasih ke kasir dan dapet antrian, waktu itu kita dapet antrian no.11 (kalau ndak salah).

Ternyata pas HPL-7 kok antrian masih stuck di no.7, lucunya pas pulang ke rumah, ane telp tuh pihak RS malah bilang antriannya No.9 "Lha kok malah naik?" aneh emang, dan mbaknya kayak judes (cuma 1 doang kok yg lain mah ramah pisan euy geulis pula hehehe).

Ya udah pas HPL-2 ane terus2an minta tolong ke Dokter Bona, supaya kasih rekomendasi biar bisa masuk kelas 1 (sesuai Haknya). sambil ane telp terus tuh pihak RS. besoknya pas HPL, ane dari pagi setor muka ke mbak-mbak registrasi sambil sodorin bukti bayar BPJS << nah yang ini jangan sampe ilang ya guys, simpen terus. kagetnya no. antrian masuk RS masih no.4, hadeuuhh padahal dah ngantri sebulan mosok iya diserobot melulu, tp kata dia mau dikabarin siang kalau sudah ada yang pulang. pas udah siang ternyata gak ditelp-telp ahhh.. kesel juga, akhirnya ane telp lagi, ane samperin lagi ke RS (kebetulan RSnya deket dari rumah),

setelah 3x mondar-mandir (RS - Rumah), Alhamdulillaah ada hasil, kamar ready!!, langsung saat itu juga telp orang rumah suruh anter istri ke Rumah Sakit. Regis jam 6 sore, capcus langsung masuk kamar kelas 1... HURRAAYY! gak sia2 perjuangan hehehe :D

begini kamarnya..


asik kan? setelah masuk sebelah kiri ada kamar mandi, ada tv dimasing-masing tempat tidur. luckly sebelah gw gak ada orangnya (nah ini jd pertanyaan, kok bisa2nya td susternya ngomong gw no,4?)
ternyata setelah ditanya suster, bed tersebut udah dibooking, WOW kayak hotel aja bisa dibooking, pantesan kayak ane yang pake BPJS susah bener (kudu ngotot heula) hehehe.. tapi gpp lah, segitu juga bini ane dah makasih banget sama gue atas kerjakerasnya, ceileehh..

Besoknya jadwal caesar, alhamdulillah anak ane lahir dengan selamat. btw ruangan operasinya dingin banget kayak kulkas kata bini gw hahaha..., dan pasca operasi, pelayanan kelas 1 RS Siloam Int. emang top markotop, susternya ramah, dokternya ramah, bidannya sering banget ngecek keruangan gantiin pampers si debay.. hehehe

jadi kalo bicara duit, gw cuma abis buat Parkir Motor ama Jajanan Makan aja, oya sama perlak-perlak kebutuhan bini gw, gak banyak lah, ketimbang harus bayar biaya operasi yang konon kata si petugas registrasinya "kalau umum estimasinya 30jt pak" itu untuk kelas 1, Fantastis banget ya? :D

jadi begitu ceritanya,
terkadang bukan RS nya yang salah, namun sistemnya yang terkesan masih setengah mateng yang bikin RS mikir-mikir buat nerima pasien BPJS, untuk itu kita sebagai pasien harus rajin dan pandai-pandai melobi para petugas RS maupun dokter, intinya "Jadi Pasien jangan Manja", mau sehat? mau lancar persalinan? usaha dulu..  toh asuransi yang dibayar murah banget kok cuma 59.500 perbulan, Worthed kan?

Coba aja compare sama asuransi lain, malah biasanya ada Charge kelebihan (Excess), ya toh?

Udeh, yang belum regis buruan regis, kalaupun gak kepake itung-itung mensubsidi orang yang ngebutuhin, tapi masa iya ada orang gak pernah sakit? buat jaga-jaga ini mah

Sekian Yo... Salam BPJS!









4 comments:

  1. akhirnya ada juga part 2 nya :D gw udah dalam proses nih, bikin kolektif, di kantor ada yang bersedia ngurusin gitu :D ya mudah2an bermanfaat deh, dan yang pasti kalo nanti butuh gw akan banyak tanya2 elu deh ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin mudah2an yah, dan semoga makin banyak pake dan pelayanan makin yahooodd...

      Delete
  2. intinya "Jadi Pasien jangan Manja"

    Kalo jadi pasien mah mau gak mau bukan manja lagi, lhawong gak bisa ngapa2in sendiri. Mestinya : Jadi pendamping pasien jangan manja
    (ttd : mantan pasien)

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksute yg ngurus pasiennya hahahaha... keluarganya gitu lho..

      Delete