Wednesday, May 20, 2020

Apakah Kita Memilih Berdamai Dengan COVID-19 ?



Selama wabah ini berlangsung begitu banyak kerugian materiil maupun imateriil sob, yang parahnya orang-orang yang di state positif malah jadi dikucilkan di lingkungannya, duh duh... semoga kita dijauhkan dari sikap kayak gitu ya sob.. Nah beberapa hari lalu gue kaget sama status yang dibuat Page Resminya Pakdhe Jokowi di Facebook , kira - kira begini bunyinya 

"Beberapa waktu lalu saya menyampaikan bahwa kita harus berdamai dengan Covid-19. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) juga telah menyatakan bahwa kita harus hidup berdampingan dengan Covid-19.

Mengapa? Karena ada potensi bahwa virus ini tidak akan segera menghilang dan tetap ada di tengah masyarakat.

Berdampingan bukan berarti menyerah, tapi menyesuaikan diri. Kita lawan keberadaan virus ini dengan mengedepankan dan mewajibkan protokol kesehatan yang ketat. Pemerintah terus melakukan pemantauan berdasarkan data dan fakta di lapangan untuk menentukan periode terbaik bagi masyarakat agar kembali produktif namun tetap aman dari Covid-19. Keselamatan masyarakat tetap harus menjadi prioritas.

Covid-19 ini penyakit berbahaya, tapi kita bisa mencegah dan menghindarinya asal disiplin menjaga jarak aman, cuci tangan setelah beraktivitas, dan memakai masker. Itulah yang oleh banyak orang disebut sebagai new normal life atau tatanan kehidupan normal yang baru."




Nah menurut pribadi gue sih ini bagus untuk mereda kepanikan ya sob, tapi ada hal yang ditekankan nih dimana pakdhe bilang "Protokol Kesehatan yang ketat" buat masyarakat, dan bahwa tidak ada pelonggaran PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) itu benar, dan di tulis di status berikutnya di halaman fan-page joko widodo.


So, kita harus tetep menerapkan hidup bermasker setiap keluar rumah, jaga jarak dan cuci tangan setiap habis beraktifitas, dan inilah new-normal-life atau habis normal yang baru, hmmm kalo dipikir-pikir kita akan sulit nantinya untuk berjabat tangan dan lain-lain. Tapi tidak apa-apa semua demi kesehatan kita semua sob.. ayo semangat dalam menjalaninya...


Pada akhirnya apakah kita sudah boleh beraktifitas seperti sedia kala? dengan tetap menerapkan "Protokol Kesehatan Yang Ketat" atau masih tetap simpang siur dan membingungkan masyarakat kedepan? karena terus terang saja dalam waktu singkat ini perputaran ekonomi ambrol seambrol-ambrolnya sob..


Kita doain aja yah, semoga Government kita cepat mengambil keputusan dan kita bisa kembali sedia kala.. dan tidak lupa untuk para pejuang medis untuk tetap semangat pantang menyerah, tanpa kalian apa jadinya.. :terharu: pokoke terus semangaatt!









No comments:

Post a Comment